MAKALAH ISIM
OLEH :
PEMBAHASAN
TANDA-TANDA ISIM DAN MACAM-MACAMNYA
A. Pengertian Isim
الاسم هو كلمة دلت على معنى في نفسها ولم تقترن بزمان وضعا
Kalimat (kata) yang menunjukkan makna sendiri dan tidak bersamaan dengan zaman.
Dengan kata lain, isim adalah kata benda).[1]
Contoh: زيد (Zaid (nama orang).
كتاب (kitab atau buku).
انا (saya atau aku).
نحن (kita atau kami).
B. Tanda-tanda Isim
Isim dapat diketahui melalui isnad ilaih, melalui khafadh (huruf ahirnya di-jar-kan dan tanwin, juga dengan kemasukan alif-lam dan huruf khafadh (jar).[2]
Isim dapat diketahui dengan tanda-tandanya; yaitu:[3]
1. Huruf akhirnya sering di-jar-kan, contoh: بسم الله الرحمن الرحيم (dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang).
2. Kemasukan tanwin, contoh: زيد قائم (zaid adalah orang yang berdiri).
3. Kemasukan alif-lam, contoh: القران (Al-qu'an).
4. Kemasukan huruf jar, contoh:
a. Min, seperti lafazh سرت من المصر الى المكة (saya telah berjalan dari Mesir ke Mekah).
b. Ilaa, seperti lafazh الى المكة (ke Mekah).
c. ‘An, seperti lafazh سألت عن محمد (saya telah menanyakan tentang Muhammad).
d. ‘Alaa, seperti lafazh ركبت على الفرس (saya telah menunggang kuda).
e. Fii, seperti lafazh الماءك فى الكوز (air itu berada dalam kendi).
f. Rubba, seperti lafazh رب رجل صالح فى المسجد (banyak sekali atau sedikit sekali lelaki shaleh di dalam masjid).
g. Ba', seperti lafazh كتب بالقلم (saya telah menulis dengan pena).
h. Kaf, seperti lafazh زيد كالبدر (zaid itu bagaikan bulan purnama).
i. Lam, seperti lafazh المال لزيد (harta milik zaid).
j. Huruf qasam atau sumpah, seperti lafazh والله بالله تالله(demi Allah).
C. Macam-macam Isim
Ditinjau dari jumlahnya, isim dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:[4]
1. Isim Mufrad.
ما ليس مثنى ولامجموعا ولاملحاقا بهما ولا من الأسماء الخمسة
Isim yang bukan dua, jamak, tidak serupa antara keduanya dan bukan dari isim yang lima).
Contoh: القران (Al-qu'an).
2. Isim Tatsniyah.
ما دل على اثنين بالف ونون في أخره في حالة الرفع وياء ونون في حلتي النصب والجر
Lafazh yang menunjukkan tatsniyah dengan menambah alif dan nun di ahirnya dalam keadaan rafa’ dan menambah ya’ dan nun di ahirnya dalam keadaan nasab dan khafadh/jar.
Contoh: مسلمان (dua orang Islam laki-laki).
3. Jamak.
Jamak itu dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:
a. Jamak taksir.
ما تغيرعن بناء مفرده
Isim yang berubah dari bentuk mufratnya.
Contoh: أقلام (beberapa pena).
b. Jamak mudzakkar salim.
اللفظ الدل على الجمعية بواو ونون فى أخره في حالة الرفع وياء ونون في حلتي النصب والجر
Lafazh yang menunjukkan jamak dengan menambah wau dan nun di ahirnya dalam keadaan rafa’ dan menambah ya’ dan nun di ahirnya dalam keadaan nasab dan khafadh/jar.
Contoh: مسلمون (beberapa orang Islam laki-laki).
c. Jamak Muannats salim.
ما جمع بالف وتاء مزدتين
Isim yang dijamakkan dengan menambah alif dan ta’.
Contoh: مسلمات (beberapa orang Islam perempuan).
Ditinjau dari segi kejelasannya (umum khusus), isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:[5]
1. Isim nakirah.
كل إسم شائع في جنسه لايختص به واحد ذون أخر
Setiap isim yang jenisnya bersifat umum, tidak ditentukan kepada sesuatu perkara dan tidak juga kepada lainnya. (Setiap isim yang layak dimasuki alif dan lam).
Contoh: رجل ,فرس ,كتاب (kitab, kuda, laki-laki).
2. Isim ma’rifat.
ما دل على معين
Lafadz yang menunjukkan benda tertentu.
Contoh: الرجل ,الفرس ,الكتاب (kitab itu, kuda itu, laki-laki itu).
Isim ma’rifat dibagi menjadi enam macam; yaitu:
a. Isim mudhmar, seperti lafazh أنا, أنت (kamu, saya).
b. Isim ‘alam (nama), seperti lafazh مكة (mekah).
c. Isim isyarah, seperti lafazh هذا (ini).
d. Isim maushul, seperti lafazh الذي(yang).
e. Isim yang di-ma’rifat-kan dengan adatut ta’rif yaitu alif-lam, seperti lafazh: الغلام (pelayan).
f. Isim yang di-idhafat-kan kepada salah satu di antara kelima isim ma’rifat tersebut, seperti lafazh كتاب اللغة العربية (kitab bahasa arab).
Ditinjau dari segi perubahannya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:[6]
1. Isim mu’rab.
ما تغير أخره بسبب العوامل الداخلة عليه إما لفظا وإما تقديرا
Isim yang sering mengalami perubahan pada bagian akhirnya karena perbedaan amil yang memasukinya; adakalanya mengalami perubahan secara lafazh dan adakalanya mengalami perubahan secara perkiraan (taqdiri).
Contoh: زيد (zaid).
Contoh: الفتى (pemuda).
2. Isim mabni.
ما لايتخير أخره بسبب العوامل الداخلة عليه
Isim yang tidak mengalami perubahan pada bagian akhirnya sekalipun karena amil yang memasukinya berbeda.
Contoh isim-isim tersebut ialah sebagai berikut:
a. Isim dhamir.
1) Muttashil, seperti lafazh له, لك, لنا.
2) Munfashil, seperti lafazh هو, انت, أنا.
b. Isim syarath, seperti lafazh متى, ما, من.
c. Isim istifham, seperti lafazh أين, كيف, كم, هل.
d. Isim isayarah, seperti lafazh هذه, هذا.
e. Isim fi’il, seperti lafazh صه, هيهل.
f. Isim maushul, seperti lafazh التي, الذي.
Adapun macam-macam isim yang di-mabni-kan ada 4 (empat); yaitu:
a. Di-mabni-kan atas harakat sukun, seperti lafazh كم.
b. Di-mabni-kan atas harakat fathah, seperti lafazh أين.
c. Di-mabni-kan atas harakat kasrah, seperti lafazh أمس.
d. Di-mabni-kan atas harakat dhammah, seperti lafazh حيث.
Sedangkan yang asli dalam kitab Mutammimah, isim mabni itu hendaknya di-mabni-kan atas harakatsukun.
Ditinjau dari segi penyusunannya (tarkib), isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:[7]
1. Isim musytaq (isim yang diambil dari proses tashrif/bisa di-tashrif).
Contoh: ناصر (orang yang menolong).
2. Isim jamid (isim yang tidak bisa di-tashrif).
Contoh: مكة (mekah).
Ditinjau dari segi kesehatannya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:[8]
1. Isim munsharif (menerima tanwin).
Contoh: زيد (zaid).
2. Isim ghairu munsharif (tidak menerima tanwin).
Contoh: أحمد (ahmad).
Ditinjau dari segi jenisnya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1. Isim Mudzakkar.
Adapun isim mudzakkar ada 2 (dua) macam; yaitu:
a. Mudzakkar haqiqi.
Isim yang berasal dari kelompok makhluq hidup yang berjenis laki-laki.
Contoh: أب(bapak).
رجل (seorang laki-laki).
b. Mudzakkar majazi (kiasan).
Isim yang berasal dari kelompok benda mati yang dianggap mudzakkar berdasarkan kesepakatan orang arab.
Contoh: كتاب (kitab).
2. Isim Muannats.
Adapun isim muannats ada 4 (empat) macam; yaitu:
a. Muannats lafzhi.
Isim yang secara lafazh adalah muannats, namun maknanya terkadang menunjukkan mudzakkar.
Contoh: فطيمة (fatimah).
معاوية (mu’awiyah).
b. Muannats ma’nawi.
Isim yang secara makna adalah muannats meskipun secara lafazh bukan muannats.
Contoh: أم (ibu).
حائض (orang haid).
c. Muannats haqiqi.
Isim yang secara lafazh dan makna adalah muannats.
Contoh: مرأة (seorang wanita).
d. Muannats majazi (kiasan).
Isim yang dianggap muannats berdasarkan kesepakatan orang arab; yaitu:
1) Ta’ marbutoh.
Contoh: مدرسة (madrasah).
2) Alif maqshuroh.
Contoh: حلوى (manisan).
3) Alif mamdudah.
Contoh: حمراء (merah).
4) Anggota badan yang berpasang-pasangan.
Contoh: ياد (tangan).
5) Isim yang jumlahnya lebih dari dua.
Contoh: أقلام (beberapa pena).
6) Benda langit.
Contoh: شمس (matahari).
7) Isim yang tidak bisa dihitung.
Contoh: ماء (air).
Ditinjau dari segi perubahan ahir kalimatnya (i’rab), isim dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:[9]
1. Dibaca rafa’.
Isim-isim yang dibaca rafa’ ada tujuh macam; yaitu:
a. Fail.
الاسم المرفوع المذكورقبله فعله
Isim yang dibaca rafa’yang terletak sesudah fi’il.
Contoh: جاء زيد (zaid telah datang).
b. Naibul fa’il.
الاسم المرفوع الذي لم يذكرفاعله
Maf’ul yang tidak disebutkan fa’ilnya.
Contoh: قرأ القرأن (Al-qu'an itu telah dibaca).
c. Mubtada’.
الاسم المرفوع العار عن العوامل اللفظية
Isim yang dibaca rafa’ yang sepi dari amil lafazh
Contoh: زيد قائم (zaid adalah orang yang berdiri).
d. Khabar.
الاسم المرفوع المسند إليه
Contoh: زيد قائم (zaid adalah orang yang berdiri).
e. Isim kaana dan saudara-saudaranya.
Contoh: كان زيد قائما (zaid adalah orang yang berdiri).
f. Khabar inna dan saudara-saudaranya.
Contoh: إن زيدا قائم(apabila berdiri zaid).
g. Isim yang mengikuti ke-rafa’-an isim lain.
1) Na’at.
النعت تابع للمنغوت في رفعه ونصبه وخفضه وتعريفه وتنكيره
Na’at adalah lafazh yang mengikuti kepada ma’na lafazh yang diikutinya, baik dalam hal rafa’, nashab, khafadh (jar), ma’rifat nakirahnya.
Contoh: جاء زيد العاقل (zaid yang berakal telah datang).
2) ‘Athaf.
التابع المتوسط بينه وبين متبوعه أحد حروف العطف
Tabi’ (yang mengikuti) yang antara ia dengan matbu’nya ditengah-tengahi oleh huruf athaf.
Contoh: جاء زيد وعمرو (telah datang zaid dan amr).
3) Taukid.
التابع الرافع للاحتمال
Tabi’ (yang mengikuti) yang berfungsi untuk melenyapkan anggapan lain yang berkaitan dengan lafazh yang ditaukid-kan.
Contoh: جاء زيد نفسه (zaid telah datang sendiri).
4) Badal.
التابع المقصود بالحكم بلا واسطة بينه وبين متبوعه
Tabi’ (yang mengikuti) yang dimaksud dengan hukum tanpa memakai pelantara ia dengan matbu’nya.
Contoh: جاء زيد غلامه (zai telah datang pelayannya).
2. Dibaca nashab.
Isim-isim yang dibaca nasab ada 15 (lima belas) macam; yaitu:
a. Maf’ul bihi.
هوالاسم المنصوب الذي يقع به الفعل
Isim yang dibaca nashab yang menjadi sasaran perbuatan (objek).
Contoh: ضربت زيدا (saya telah memukul zaid).
b. Mashdar.
هوالاسم المنصوب الذي يجيئ ثالثا في تصريف الفعل
Isim yang di baca nashab yang jatuh pada urutan ketiga dalam tashrifan fi’il.
ضرب يضرب ضربا
c. Zharaf zaman.
هوالاسم الزمان المنصوب بتقدير في
Isim zaman (waktu) yang dibaca nashab dengan memperkirakan ma’na fii.
Contoh: يوم (hari ini).
d. Zharaf makaan.
هوالاسم المكان المنصوب بتقدير في
Isim makaan (tempat) yang dibaca nashab dengan memperkirakan ma’na fii.
Contoh: أمام (di depan).
e. Hal.
هوالاسم المنصوب المفسر لما إنبهم من الهيئات
Isim yang dibaca nashab yang memberikan keterangan keadaan yang samar.
Contoh: جاء زيد راكبا (zaid telah datang dengan berkendaraan).
f. Tamyiz.
هوالاسم المفسر لما إنبهم من الذوات
Isim yang dibaca nashab yang berfungsi menjelaskan dzat yang samar.
Contoh: إشتريت عشرين غلاما (saya telah membeli dua puluh pelayan atau budak).
g. Istitsna’.
الاسم الواقع بعد إلا أو إحدى أخواتها
Isim yang terletak sesudah illaa atau salah satu saudara-saudaranya.
Contoh: جاء القوم إلا زيدا (kaum itu telah datang kecuali zaid).
h. Isim laa.
Contoh: لا رجل في الدار (tidak ada seorang laki-laki pun di dalam rumah).
i. Munaada.
Contoh: ياعبد الله (hai hamba Allah).
j. Khabar kaana dan saudara-saudaranya.
Contoh: كان زيد قائما (zaid adalah orang yang berdiri).
k. Isim inna dan saudara-saudaranya.
Contoh: إنّ زيدا قائم (sesungguhnya zaid adalah orang yang berdiri).
l. Dua maf’ul dhanna dan saudara-saudaranya
Contoh: ظننت زيدا قائما (saya mengira zaid adalah orang yang berdiri).
m. Maf’ul min ajlih.
هوالاسم المنصوب الذي يذكر بيانا لسبب وقوع الفعل
Isim yang dibaca nashab yang dinyatakan sebagai penjelasan bagi penyebab terjadinya fi’il.
Contoh: قام زيد إجلالا لعسر
n. Maf’ul ma’ah.
هوالاسم المنصوب الذي يذكر لبيان من فعل معه الفعل
Isim yang dibaca nashab yang dinyatakan untuk menjelaskan dzat yang menyertai perbuatan pelakunya.
Contoh: جاء الامير والجيش (pemimpin beserta bala tentaranya telah datang).
o. Isim yang mengikuti ke-nasab-an isim lain.
1) Na’at.
Contoh: رأيت زيدا العاقل (saya telah melihat zaid yang berakal).
2) Taukid.
Contoh: رأيت زيدا نفسه (saya telah melihat zaid sendiri).
3) ‘Athaf.
Contoh: رأيت زيدا وعمرا (saya telah melihat zaid dan amr).
4) Badal.
Contoh: رأيت زيدا غلامه (saya telah melihat zaid pelayannya).
3. Dibaca khafad/jar
Isim-isim yang dibaca khafad/jar ada 3 (tiga) macam; yaitu:
a. Isim yang di-jar-kan oleh huruf jar.
Contoh: مررت بزيد (saya sudah berjalan bertemu dengan zaid).
b. Isim yang di-jar-kan karena idhafat.
Contoh: غلام زيد (pelayan zaid).
c. Isim yang mengikuti ke-khafadh-an isim lain.
1) Na’at.
Contoh: مررت بزيد العاقل (saya telah berjalan dengan bertemu zaid yang berakal).
2) Taukid.
Contoh: مررت بزيد نفسه (saya telah berjalan dengan bertemu zaid sendiri).
3) ‘Athaf.
Contoh: مررت بزيد وعمرو (saya telah berjalan dengan bertemu zaid dan amr).
4) Badal.
Contoh: مررت بزيد غلامه (saya telah berjalan dengan bertemu zaid pelayannya).
KESIMPULAN
الاسم هو كلمة دلت على معنى في نفسها ولم تقترن بزمان وضعا
Kalimat (kata) yang menunjukkan makna sendiri dan tidak bersamaan dengan zaman.
Isim dapat diketahui dengan tanda-tandanya; yaitu:
1. Huruf akhirnya sering di-jar-kan.
2. Kemasukan tanwin.
3. Kemasukan alif-lam.
4. Kemasukan huruf jar.
Ditinjau dari jumlahnya, isim dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:
1. Isim Mufrad.
2. Isim Tatsniyah.
3. Jamak.
Ditinjau dari segi kejelasannya (umum khusus), isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1. Isim nakirah.
2. Isim ma’rifat.
Ditinjau dari segi perubahannya (i’rab), isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1. Isim mu’rab.
2. Isim mabni.
Ditinjau dari segi penyusunannya (tarkib), isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1. Isim musytaq.
2. Isim jamid.
Ditinjau dari segi kesehatannya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1. Isim munsharif.
2. Isim ghairu munsharif.
Ditinjau dari segi jenisnya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1. Isim Mudzakkar.
2. Isim Muannats.
Ditinjau dari segi perubahan ahir kalimatnya, isim dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:
1. Dibaca rafa’.
2. Dibaca nasab.
3. Dibaca khafad/jar.
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, Moch. 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah dan Imrithy.Bandung: Sinar Baru Algensido.
Muhammad Araa’ini, Syamsuddin. 2002, Ilmu Nahwu; Terjemahan Mutammimah Al-Ajurumiyyah. Bandung: Sinar Baru Algensido.
[1] KH. Moch. Anwar, 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 4.
[2] Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini, 2002, Ilmu Nahwu; Terjemahan Mutammimah Al-Ajurumiyyah. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 5.
[3] KH. Moch. Anwar, 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 6.
[4] KH. Moch. Anwar, 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 18-24.
[5] Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini, 2002, Ilmu Nahwu; Terjemahan Mutammimah Al-Ajurumiyyah. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 76-77.
[6] Ibnu Aqil (Alfiyah). Hal.5.
[7] Maqshud.
[8] Alfiyah bait 43.
[9] KH. Moch. Anwar, 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 69-158.
Ijin jika diperbolehkan saya copy/download artikelnya ustadz
BalasHapusNmr WA saya 085842926912